Senin, 22 Januari 2018

Tips Berbelanja Online


Belanja online merupakan tren yang makin marak di Indonesia saat ini. Selain pembeli, jumlah penjual atau situs yang mulai menyediakan/menjual barang secara online juga makin banyak. Nah, dari sekian banyak penjual dan situs yang muncul ini, ada juga beberapa penjual atau situs yang anggaplah tidak kompeten untuk berjualan. Entah itu karena pelayanannya buruk, barang yang dijual tidak sesuai dengan janji, atau paling parah para penipu yang merugikan pembelinya.

Kamu sebagai pembeli tentu tidak bisa menahan banyaknya jumlah penjual dan situs yang bermunculan. Satu-satunya hal yang bisa kamu lakukan adalah berusaha untuk lebih jeli dan hati-hati di semua proses belanja online, mulai dari melihat-lihat barang sampai ketika barangnya sampai ke tempat tujuannya. Nah, kali ini kita punya beberapa tips belanja online aman bebas penipuan untukmu.
Pengalaman yang buruk dalam berbelanja online, kurangnya informasi serta pengetahuan mengenai internet dan kartu kredit ternyata menjadi penghalang bagi penggunanya dalam berbelanja online. Padahal internet dan kartu kredit selain memudahkan transaksi, juga selalu memberikan promo kartu kredit bagi penggunanya.

Langkah pertama

1. Kunjungi Situs Terpecaya dan telusuri

Setelah kamu yakin bahwa situs dan penjualnya bisa dipercaya, atau jika kamu masih punya sesuatu yang mengganjal atau masih kurang yakin, coba cari halaman kebijakan situs tersebut. Di halaman kebijakan kamu harusnya bisa menemukan semua kebijakan terkait segala aktivitas yang ada di situs jual beli tersebut, mulai dari penggunaan akun sampai proses transaksi. Sebuah situs yang terpercaya biasanya memiliki kebijakan yang jelas dan lengkap. Jadi, di halaman ini semua pertanyaan dan keraguanmu harusnya bisa terjawab. Jika tidak, mungkin kamu harus mencari situs lain.

Selain itu, tiap penjual juga kadang punya kebijakannya masing-masing, terutama jika kamu belanja online di situs iklan baris. Cari tahu bagaimana kebijakan toko tersebut. Seberapa sering toko itu melakukan pengiriman? Kapan toko itu bisa melayani pembeli (misalnya hanya di hari dan jam kerja)? Metode pengiriman apa saja yang disediakan penjual tersebut? Bagaimana jika ada keluha? Dan sebagainya. Pastikan si penjual punya kebijakan yang memang menjamin bahwa kamu sebagai pembeli bisa puas setelah melakukan transaksi dan Baca baik-baik detail dan harga produknya

2. Hindari Penggunaan komputer orang lain dan wifi

Hal ini dapat memudahkan hacker untuk mencuri informasi pribadi mengenai data diri dan kartu kredit Anda. Sebaiknya gunakan perangkat dan koneksi internet personal dengan anti virus yang terpercaya, terbaru dan masih berlaku masa penggunaanya. Ini adalah hal yang cukup penting jika kamu belanja online di situs khusus jual beli dan harus memasukkan informasi pribadimu, terutama nomor kartu pembayaran seperti kartu kredit. Pastikan situs tersebut punya sistem keamanan yang mumpuni dan dijamin bisa melindungi semua data yang kamu masukkan ke situs tersebut dari penipu / pencuri.

3. Gunakan Password yang sulit di hapal orang lain

Gunakan password yang berbeda-beda untuk setiap akun yang Anda miliki. Menggunakan password yang buruk pada beberapa akun Anda dapat memudahkan hacker untuk mencuri data diri, password, kartu kredit dan data transaksi Anda.

4. Pilih metode pengiriman yang AMAN

Gunakan metode pengiriman yang memang menurutmu aman, nyaman, serta sesuai dengan ketersediaan dan kesibukanmu. Jika kamu memang ingin barangnya dikirim melalui COD karena penjualnya dekat atau merasa lebih aman. Tapi jika kamu orang yang cukup sibuk dan tidak punya waktu untuk COD-an atau kamu belanja di situs marketplace online yang biasanya tidak menyediakan COD, kamu sebaiknya memilih pengiriman dengan jasa kurir seperti JNE atau Pos. Toh kurir ini juga tetap aman.

Selain itu, jika kamu menggunakan jasa kurir, pilih juga kurir yang aman dan bisa menjangkau tempat tinggalmu dengan mudah. Situs marketplace online seperti Qlapa biasanya punya banyak pilihan metode pengiriman. Kamu tinggal pilih yang mana yang sesuai dengan kenyamanan, pengalaman, dan lokasi tempat 

5. Jaga informasimu dengan baik terutama 3 Digit kartu kredit di belakang

Para penipu akan berusaha untuk mendapatkan informasi pribadimu dengan berbagai cara. Selama belanja di toko online, kamu akan sering mengeluarkan berbagai informasi, mulai dari login menggunakan username dan password, sampai memasukkan informasi pribadi seperti alamat. Nah, toko online tempatmu berbelanja akan berusaha sebaik mungkin menjamin bahwa informasi yang kamu masukkan ke situsnya aman. Tapi, kamu sebagai pembeli juga harus berusaha menjaga agar tidak membeberkan informasi pentingmu di tempat yang tidak semestinya dan di luar pengawasan pengelola toko atau situs. Apalagi 3 digit angka belakang kartu kredit
Karena data tersebut hanya boleh diketahui oleh Anda sebagai pemilik kartu. Serta gunakan kartu kredit dengan limit yang rendah ketika berbelanja online sehingga menghindari kerugian lebih besar jika kartu kredit dan data diri Anda digunakan oleh pencuri.

Toko Online terpercaya selalu menggunakan online payment gateway yang terjamin keamanannya seperti Veritrans yang telah terverifikasi oleh Visa, Master Card dan PCI DSS Level 1 yang mampu memberikan jaminan perlindungan penggunanya. Setelah mengetahui informasi di atas, kini belanja online dapat menjadi pengalaman yang mudah, nyaman, aman dan menyenangkan bagi Anda. Sebisa mungkin belanjalah sendiri tanpa diwakilkan. Lalu, jika kamu belanja di toko online menggunakan komputer yang digunakan oleh banyak orang (misalnya di warnet), selalu logout tiap kali selesai melakukan transaksi. Jangan sampai orang yang tidak bertanggung jawab seenaknya menggunakan informasi rahasia yang kamu miliki.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar